Rabu, 27 Februari 2019

Ciri Khas Gangguan Makan Pada Remaja yang Tidak Boleh Disepelekan

Ciri Khas Gangguan Makan Pada Remaja yang Tidak Boleh Disepelekan - Anoreksia nervosa, bulimia, dan gangguan pesta makan adalah beberapa jenis gangguan psikologis yang dapat memengaruhi pola makan remaja. Akibatnya, tubuh remaja nantinya bisa menjadi terlalu kurus atau bahkan sangat gemuk. Terlepas dari pengaruh lingkungan, faktor genetik, psikologis, dan biologis diduga berkontribusi terhadap penyebab gangguan makan. Jadi, apa yang menandai gangguan makan pada remaja?

Apa Saja Gejala Gangguan Makan pada Remaja?

Ketidakpuasan remaja dengan citra tubuh mereka dapat menyebabkan perilaku makan yang menyimpang. Tidak hanya terbatas pada penurunan berat badan, gangguan makan pada remaja juga ditandai oleh beberapa hal seperti:

1. Sering menolak untuk makan


Pilihan untuk tidak makan biasanya dilakukan karena remaja takut makan terlalu banyak. Bahkan, mereka bisa saja menghindari makan bersama keluarga atau orang terdekat hanya untuk menyembunyikan perilaku makan yang tidak biasa ini.
Dengan begitu, remaja akan lebih leluasa menyantap sebagian kecil atau memuntahkan makanan mereka setelah dimakan.

2. Terlalu pemilih soal makanan


Waspadalah ketika remaja terbiasa makan dalam jumlah yang sangat kecil, memilih jenis makanan, untuk selalu menimbang makanan sebelum makan, kemungkinan mereka mengalami gangguan makan. Ini tentu berbeda dengan remaja yang sangat suka memilih makanan (pemilih makanan) karena mereka tidak suka makanan.
Gangguan makan pada remaja cenderung membuat mereka terlalu memperhatikan jumlah kalori yang mereka konsumsi, karena takut memiliki tubuh yang gemuk. Padahal sebenarnya, berat badannya tergolong sangat tipis (seperti anoreksia nervosa).

3. Senang menyimpan makanan di tempat tersembunyi


Tidak hanya menyimpan satu atau dua jenis makanan karena mereka suka mengemil, remaja dengan gangguan makan berlebihan dapat memiliki stok makanan yang tak terhitung jumlahnya. Laci, di bawah tempat tidur, dan lemari bisa menjadi tempat menyimpan makanan favorit Anda.

4. Perubahan berat badan secara drastis


Berbeda dengan penurunan berat badan akibat penyakit, gangguan makan pada remaja, seperti anoreksia, dapat menurunkan berat badan menjadi terlalu kurus disertai dengan perilaku makan yang aneh. Sementara gangguan pesta makan, itu benar-benar akan membuat berat badan remaja melonjak secara dramatis.