Jumat, 04 Januari 2019

Gejala Cedera Saraf Pada Tulang Belakang

Cedera Saraf Pada Tulang Belakang - Cedera sumsum tulang belakang adalah suatu kondisi di mana kerusakan saraf atau cedera terjadi di kanal tulang belakang. Kerusakan pada sumsum tulang belakang umumnya disebabkan oleh kecelakaan saat mengemudi, berolahraga, atau kekerasan fisik.

Sumsum tulang belakang adalah saraf yang berperan dalam proses pengiriman sinyal dari otak ke seluruh tubuh, dan sebaliknya. Jika sumsum tulang belakang rusak, itu akan menyebabkan gangguan pada beberapa fungsi tubuh, seperti kehilangan sensor motorik dan kontrol gerak. Penanganan cedera sumsum tulang belakang harus segera dilakukan. Jika tidak, itu akan mempengaruhi lamanya masa pemulihan, memperburuk kondisi, dan menyebabkan komplikasi.

Penyebab Cedera Saraf Tulang Belakang


Cedera sumsum tulang belakang dapat terjadi karena kerusakan pada jaringan, pembalut, tulang atau sumsum tulang belakang itu sendiri. Berdasarkan penyebabnya, cedera tulang belakang dibagi menjadi 2 jenis, yaitu traumatis dan nontraumatic.


Trauma sumsum tulang belakang adalah cedera yang disebabkan oleh pergeseran, patah tulang, atau cedera sumsum tulang belakang yang terjadi karena kecelakaan, seperti:
  • Kecelakaan sepeda motor
  • Jatuh saat beraktivitas
  • Kecelakaan saat berolahraga
  • Mengalami kekerasan

Gejala Cedera Saraf Tulang Belakang

Ada 2 jenis gejala yang dapat terjadi pada pasien dengan cedera tulang belakang berdasarkan keparahannya, yaitu gejala lengkap dan tidak lengkap atau gejala lokal. Ketika cedera sumsum tulang belakang menyebabkan hilangnya semua kemampuan sensorik dan kontrol gerakan, kondisi ini disebut gejala keseluruhan. Namun, ketika cedera saraf yang terjadi hanya mengganggu beberapa kemampuan sensorik dan kontrol gerakan, kondisi ini disebut gejala tidak lengkap.